Agungbayunugroho's Blog

Prospek Berkebun Sayuran Jepang

Posted on: February 24, 2010

Berkebun sayuran merupakan salah satu usaha di bidang pertanian yang menjanjikan. Indonesia yang beriklim tropis dan banyak memiliki dataran tinggi, membuat peluang untuk berkebun sayuran terbuka lebar. Salah satu lokasi kebun sayuran terdapat di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Lahan yang digunakan untuk berkebun sayuran disini memiliki luas puluhan hektar, dengan komoditas utama sayuran Jepang yang ditanam secara organik. Untuk mencapai lokasi kebun sayuran Jepang organik dari Jakarta dapat melalui jalan Tol Cipularang. Keluar di Pintu Tol Padalarang, lalu mengambil arah ke Lembang. Tepatnya di Kecamatan Maribaya. Memasuki wilayah Lembang, pemandangan indah suasana pegunungan begitu terasa, dengan hamparan tanaman hijau di kiri kanan jalan. Jalan yang harus dilalui menuju lokasi kebun sayuran cukup terjal, sehingga saya harus lebih berhati – hati. Kebun sayuran disini telah dikelola petani yang tergabung dalam kelompok tani Grand Yasai.

Salah seorang petani sayuran Jepang disini adalah Doni Awaludin. Dia telah berkebun sayuran Jepang sejak lebih dari lima tahun lalu. Bersama para petani lain disini, Doni mensuplai lima puluh persen kebutuhan sayuran Jepang di kota Bandung dan Jakarta

Salah satu komoditas sayur Jepang yang kini sedang booming adalah jagung manis, yang biasa disebut tomorokosi. Penanaman jagung disini diatur, sehingga panen jagung dapat dilakukan hampir setiap hari. Jagung Jepang ini berbeda dengan jagung biasa. Kandungan gulanya sekitar 17 persen, jauh diatas kandungan gula jagung biasa yang hanya berkisar 3 hingga 4 persen. Karena ditanam secara organic, meskipun baru dipetik dari pohon dan belum dimasak, jagung ini sudah dapat dimakan.

Menanam sayuran jepang tidak sulit. Yang penting diperhatikan adalah lokasi lahan dan tingkat kesuburan tanah. Sayuran Jepang tumbuh subur pada lahan dengan ketinggian 1000 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Sebelum sayuran ditanam, tanahnya terlebih dahulu digemburkan. Setelah itu diberi pupuk organic. Dalam satu siklus tanam, diberi pupuk sebanyak tiga kali, yakni pada saat pengolahan tanah, saat penyemaian, dan saat perawatan tanaman. Untuk setiap hektar tanaman, dibutuhkan lebih dari tiga ton pupuk organic

Di Kecamatan Maribaya ini, terdapat sedikitnya delapan puluh hektar lahan yang di tanami berbagai macam sayuran komoditas Jepang. Terdapat sedikitnya tujuh puluh petani sayuran organik yang tergabung dalam beberapa kelompok tani. Berkebun sayuran Jepang disini dilakukan dengan metode tumpang sari. Untuk jagung Jepang ditanam tumpang sari dengan edamame atau kacang kedelai Jepang. Dalam waktu tujuh puluh hari, kedua komoditas ini sudah bisa dipanen. Panen sayuran Jepang dilakukan parapetani disini setiap hari. Sayuran Jepang dipetik dari pohon dan dikumpulkan dalam ember pelastik. Sayuran kemudian dibawa ke tempat pengumpulan dan diletakkan di dalam kontainer atau kotak plastik.

Selanjutnya, sayuran dibawa ke tempat pengemasanSayuran Jepang yang baru dipetik dibawa ke tempat pengemasan di Cibeunying, Cibodas, Maribaya. Lokasinya masih berada di kawasan Lembang. Disinilah proses pengemasan sayuran Jepang dilakukan. Pengelolanya Pak Bobon, yang bermitra dengan petani sayuran di kawasan Maribaya. Sebelum dikemas, sayuran dibersihkan terlebih dahulu, sehingga tampak segar. Proses pengemasan dilakukan dengan menggunakan plastik transparan. Setiap kemasan terdiri dari sayuran Jepang seberat 250 gram. Melihat para pekerja disini sangat trampil mengemas sayuran, Saya jadi tertarik untuk merasakan bagaimana mengemas sayuran Jepang. Mula – mula sayuran ditutup pelastik transparan. Setelah dikemas dengan pelastik sayuran tahan selama 10 hari bila dimasukkan ke mesin pendingin.

Bila telah dikemas rapih seperti ini, harganyapun jadi meningkat. Tidak kurang dari 20 jenis sayuran Jepang setiap harinya dikemas disini. Semuanya dipasarkan ke Bandung dan Jakarta. Berkebun sayuran Jepang memiliki prospek usaha yang bagus. Keuntungan yang diperoleh petani dapat mencapai 100 persen. (Helmi Azahari/Dv/Sup).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 37,222 hits
February 2010
M T W T F S S
« Oct   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: